Manfaat Dan Bahaya Soflens

Manfaat Dan Bahaya Sofltens


Manfaat dan bahaya softlens | Lensa kontak disebut juga dengan istilah softlens ini memang sedang populer sekali di masyarakat. Ada yang menggunakan lensa kontak sebagai alat bantu untuk memperjelas pengelihatan sebagai pengganti kaca mata, ada juga yang sengaja memakai lensa kontak  atau softlens tersebut hanya sekedar ingin terlihat lebih cantik dengan tampilan mata yang indah.


Namun bericara tentang lensa kontak atau softlens, apa anda tahu sebenarnya apa itu lensa kontak atau softlens tersebut. Lensa kontak merupakan merupakan alat bantu untuk mempertajam pengelihatan seperti halnya kaca mata, namun berbentu seperti lensan dan jauh lebih peraktis. Ketika pengelihatan tak berfungsi dengan baik akan menyebabkan gangguan pengelihatan seperti mata minus sehingga perlu menggunakan bantuan seperti kaca mata atau lensa kontak, atau softlen. Ketiga memiliki fungi yang sama yaitu untuk membantu pengelihatan.



Manfaat Dan Bahaya Lensa Kontak Atau Softlens Yang Wajib Anda Ketahui


Manfaat Dan Bahaya Soflens

Manfaat lensa kontak atau softlens


Seperti yang telah dijelaskan diatas, lensa kontak atau softlens memiliki manfaat untuk membantu pengelihatan pada mata. Lensa kontak atau softlens memang saat ini sedang marak sekali, hal ini karena lensa kontak atau softlens jauh lebih praktis dan nyaman ketimbang kaca mata dengan manfaat atau fungsi yang sama. Dengan menggunakan softlens anda akan jauh lebih PEDE, dan tampil lebih mempesona.



Bahaya lensa kontak atau softlens


Lensa kontak atau soflen softlens memang jauh lebih peraktis ketimbang kacamata, hal ini karena anda tak perlu repot melepas atau memasang kaca mata, namun dibalik itu, lensa kontak atau softlens juga dapat menyebabkan bayaha bagi kesehatan mata, terlebih jika softlens dipakai hanya untuk gaya hidup atau mempercantik diri. American Optometric Association ( AOA) mengungkapkan  kalau penggunaan softlens dekoratif atau hanya untuk gaya memperindah bola mata akan sangat berbahaya jika tanpa konsultasi dokter. Nah berbicara tentang dampak buruk dari pemakaian lensa mata atau softlens berikut dampak buruknya :


1. Infeksi kornea


Softlens dapat menyebakan infeksi konea. Hal ini terjadi karena anda tidak merawat softlens dengan baik. Bakteri, jamur dan virus dapat tumbuh pada softlens sehingga membuat mata menjadi alergi. Oleh sebab itu rawatlah softlens dengan baik dan jangan lupa menggantinya secara berkala.


2. Iritasi dan mata merah


Bahaya softlens yang paling sering terjadi yaitu menyebabkan mata menjadi alergi dan memerah. Hal ini bisa terjadi karena softlens terkena debu atau pemakain yang sudah terlalu lama dan harus diganti. Agar hal ini terjadi anda harus memakai softlens dengan benar dan menggunakan tangan yang bersih dan steril. Jika softlens yang anda pakai sudah terlalu lama, baiknya anda ganti dengan yang baru.


3. Softlens koyak pada mata


Softlens yang koyak pada mata ini akan sangat berbahaya sekali pada mata, terutama ketika sedang tidur. Ketika sedang tidur softlens cenderung bergerak-gerak dan dapat menyebabkan softlens pecah didalam mata. Tidak hanya itu saja, softlensjuga dapat mengering karena kekurangan oksigen dan juga air. Jika anda mencubit softlens dalam keadaan kering dapat menyebabkan koyak pada mata. Sebelum anda mencubit sangat disarankan untuk meneteskan cairan khusus softlens agar softlens bisa diambil secara aman.


4. Terlalu longgar atau terlalu ketat


Pemakaian softlens yang terlalu longar atau terlalu ketat atau seperti sangat menempel pada mata disebut hypoxia. Hal ini dikarenakan pemilihan kadar air yang salah saat membeli softlens. Oleh sebab itu anda harus sesuaikan dengan keadaan mata. Dalam hal ini baiknya anda konsultasi pada dokter.



Tips memakai dan merawat lensa kontak atau softlen


Agar dampak buruk dari lennsa kontak atau softlens tersebut tidak terjadi pada mata anda tentunya anda harus memakai dan merawatnya dengan baik dan bernar. Nah berikut beberapa tips untuk memakai lensa kontak atau softlen :




  • Menemui dokter untuk mencari informasi tentang lensa kontak yang sesuai dan laya untuk mata anda.

  • Jika anda ingin menyentuh lensa kontak atau softlens, bersihkan terlebih dulu tangan anda.

  • Baiknya selalu lepas softlens ketika anda tidur.

  • Bersihkan lensa kontak atau softlens dengan baik. Cara membersihkannya yaitu bersihkan softlens dengan jari dan bersihkan dengan cairan pembersih, kemudian simpan pada wadah yang sudah berisi cairan pembersih.

  • Simpan wadah softlens ditempat yang lembab dan terhindar dari sinar matahari.

  • Gantilah lensa kontak atau softlens anda secara berkala yaitu 3 bulan sekali.

  • Untuk menyimpan softlens anda harus menggunakan cairan pembersih yang baru, jangan menggunakan cairan yang telah dipakai, meskipun terlihat bersih, namun cairan yang telah terpakai terdapat bakteri yang dapat membahayakan.

  • Ikuti petunjuk dan saran dari dokter.


Demikianlah informasi tentang manfaat dan bahaya dari lensa kontak atau softlen. Sekarang ini banyak sekali beredar softlens ilegal dengan harga yang sangat murah, anda harus berhati-hati, alih-alih untuk mempertajam pengelihatan dan mempercantik bola mata anda, justru mata anda menjadi rusak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.  Dan jangan lupa simak terus suplemenherbaluntukmata.xyz untuk emngetahui informasi menarik dan bermanfaat lainnya.


Baca Juga : Makanan Yang Dapat Menyehatkan Mata Secara Alami


 

1 Response to "Manfaat Dan Bahaya Soflens"