4 Gangguan yang Terjadi Akibat Sering Mengucek Mata

4 Gangguan yang Terjadi Akibat Sering Mengucek Mata


Apakah Anda merasa lelah akhir-akhir ini? Jika demikian, cobalah untuk mengingat berapa kali Anda menggosok matanya? Lelah dan letih, itu membuat kita ingin mengusap matanya. Atau, dapat disebabkan oleh gatal mata, atau sesuatu yang terasa memasuki mata.


4 Gangguan yang Terjadi Akibat Sering Mengucek Mata



Mengapa orang mengucek mata?


Menggosok mata sebenarnyaadalah hal yang biasa Anda lakukan ketika Anda bangun atau mengantuk. Kebiasaan ini dapat dengan mudah mengembalikan dan menghilangkan gatal-gatal di mata. Tapi apakah Anda tahu bahwa matanya menggosoknya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang buruk bagi mata?


Sebenarnya menggosok mata adalah cara untuk merangsang air mata dan kemudian melumasi mata kering. Kursus ini membantu mata untuk kain dan iritasi lainnya yang mungkin datang untuk menghilangkan mata. Tidak hanya itu, air mata yang pikir keluar untuk menghilangkan stres yang dialami. saraf yang ada di sekitar mata - - Stres dapat dikurangi karena ketika kulit di sekitar mata, akan merangsang saraf vagus memperlambat denyut jantung dan membantu Anda untuk bersantai kembali.


Baca Juga : Mata Sering Kedutan, Apa Artinya dari Sisi Medis?



Apa dampaknya, jika kita sering mengucek mata?



  1. Infeksi Mata


Salah satu alasan mengapa matanya lulus adalah kegiatan yang kurang baik karena sisi gesekan dapat diisi dengan bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan infeksi mata.


Mata dilindungi oleh selaput lendir, yang berfungsi untuk kelembaban di mata setiap waktu dan tempat yang dicintai dengan menjaga bakteri dan parasit sebagai tempat tinggal. Ketika berbagai kegiatan, seperti memegang barang, kontak dengan hewan atau orang lain, dan tidak mencuci tangan mereka untuk melakukan, bayangkan apa yang akan terjadi jika tangan tidak dicuci dan kemudian digunakan untuk lulus di matanya.




  1. Pouch mata hitam


Banyak berpikir bahwa tas hitam di bawah mata disebabkan oleh kelelahan dan kurang tidur. Namun pada kenyataannya tidak hanya dapat memastikan bahwa Anda memiliki kantung mata yang besar dan hitam. Kebiasaan menggosok mata juga bisa menyebabkan bengkak menjadi hitam. Oleh karena itu, mulai sekarang, untuk mencegah kebiasaan tas lulus mata semakin besar di matanya, dan hitam.




  1. Glaukoma


Glaukoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh kerusakan saraf optik, dan itu akan menjadi lebih buruk jika tidak segera diobati. Kerusakan saraf optik sebagai akibat dari peningkatan tekanan dalam mata, yang juga dapat disebabkan oleh kebiasaan mengucek mata, dan sering terlalu keras.


Kebanyakan orang dengan glaukoma awalnya tidak ada gejala atau tanda-tanda apapun. Jadi sering pasien datang dengan tingkat keparahan glaukoma yang cukup tinggi dan mengakibatkan ia kehilangan penglihatannya, atau bahkan buta.




  1. kornea berubah bentuk


Keratoconus adalah suatu kondisi yang terjadi perubahan bentuk kornea. Biasanya, bentuk kornea dari kubah, dan kadang-kadang sampai bentuk bulat. Pada pasien dengan keratoconus, sel-sel kornea rusak maka tidak bisa mempertahankan bentuk dan berjalan mereka sebagai bentuk kerucut menonjol melalui kornea luar. Keadaan ini membuat sulit untuk melihat apakah pasien tidak tidak menggunakan lensa atau kacamata. Keratoconus dapat disebabkan oleh kebiasaan rutin menggosok mata.


Baca Juga : Tips Mencegah Mata Dari Kebutaan



Jika tidak harus digosok, apa yang harus dilakukan dalam kasus mata gatal?


Sebenarnya, menggosok-gosok matanya tidak dianjurkan untuk melakukan. Bahkan menggosok mata gatal nya karena iritasi mata yang berpengalaman, tapi akan iritasi lebih buruk. Matamu gatal, merah dan menyakitkan.


Oleh karena itu lebih baik jika gatal mata Anda, lakukan hal berikut lebih aman:




  • Jika mata terasa gatal, maka jangan menguceknya tapi memakai obat tetes mata.

  • Jika Anda menggosok mata karena stres, maka yang harus diatasi adalah perasaan stres Anda. Alihkan perhatian Anda pada hal-hal yang menyenangkan dan membuatnya mudah bagi Anda untuk melakukan.

  • Anda dapat menggunakan tisu basah atau kain basah untuk menyeka kulit di sekitar mata dan mata gatal.


Baca Juga :  Sumplem Terbaik Untuk Mata

0 Response to "4 Gangguan yang Terjadi Akibat Sering Mengucek Mata"