Cara Pindah Hosting

Selamat jumpa kembali di blog ane http://qzaed.blogspot.com/ , dalam kesempatan ini ane mau berbagi tentang Cara pindah hosting . Pindah hosting dari hostgator ke hawakhost, dari hawkhost ke hostgator atau dari hawkhost lama ke hawkhost baru atau dari hostgator lama ke hostgator baru, caranya sama. 
Ada dua versi cara memindahkan hosting yaitu, 

  1. Satu-satu (jika dalam hosting tersebut ada beberapa domain, jadi dipandahinnya dicicil satu-satu. bisa dilakukan kapan saja), ini direkomendasikan bagi domainnya belum terlalu banyak.
  2. Sekaligus (ini sangat cocok untuk yang punya banyak domain, jadi hanya backup maka semua database domain-domainnya akan terkopi semua)

Dalam kesempatan ini ane hanya akan membahas cara yang pertama. Mari kita simak tahapannya (contoh pada Hawkhost) :
Tahap pertama :

1. Cara Pindah Hosting Ke Hawkhost yang pertama Backup data pada hosting anda yang lama, apa saja yang di backup?
2. Pada Cpanel klik menu file manager, centang folder wp-content dan compres hingga menjadi zip
3. Setelah itu download file wp-content.zip tersebut dan simpan di hardisk komputer anda.
4. Setelah itu kembali ke cpanel dan klik icon Backup
5. Download database dengan nama database website yang ingin anda pindahkan, caranya pada website tersebut cek wp-confignya disitu anda bisa mengetahui nama database website anda, tapi jika anda hanya punya satu website pada satu hosting tidak perlu mengeceknya karena databasenya hanya ada satu.
6. Setelah anda download kedua file tersebut (Wp-content dan Backup database) pastikan tidak corrupt, caranya silahkan di ektrak (test) terlebih dahulu kedua file tersebut, kalo lancar berarti filenya baik-baik aja.

Tahap Kedua Cara Pindah Hosting Ke Hawkhost
Cara Pindah Hosting Ke Hawkhost yang kedua adalah upload data ke hosting baru, bagaimana cara uploadnya? Simak langkah berikut :

1. Pada Cpanel Hawkhost anda install wordpress seperti biasa, dengan menggunkan fantastico atau softacolous.
2. Kembali ke cpanel buka phpMyAdmin
3. Ganti database yang baru dengan yang lama, Masuk ke database wordpress yang baru saja di instal, centang semua isinya dan di drop, maka database tidak akan memiliki isi lagi alias kosong, nah sekarang silahkan anda upload database yang telah anda downlod pada langkah pertama. Caranya import – browse file database downloadan anda, lalu klik GO, kalo sudah maka database anda akan terisi dengan database anda yang lama.
4. Proses database sudah selesai sekarang kembali ke Cpanel, masuk file manager, delete folder wp-content, ganti dengan wp-content lama yang sudah anda simpan di hardik komputer anda.
5. Silahkan upload wp-content.zip tersebut, kalo sudah tinggal di extrak saja. Maka akan ada kembali folder wp-content yang merupakan wp-content yang berisi data anda yang lama.

Tahap Ketiga Cara Pindah Hosting Ke Hawkhost
Cara terakhir untuk pindah hosting ke hostgator, setting Name servers domain anda dengan Name servers hostgator, biasanya dapet saat anda pertama kali daftar, di email anda akan diberikan info Name servers,password dan link-link yang diperlukan dari Hawkhost.
Caranya pada settingan domain anda tinggal di ganti saja Nameserver 1 dan Nameserver 2 nya. Lalu di update….
Bim sala bim anda hanya perlu menunggu beberapa waktu agar domain anda terhubung dengan hosting hostgator anda.
Kalo sudah muncul webnya masuk ke wp-admin…nanti akan diminta update silahkan anda update saja. Selesai sudah cara yang pertama.
Sumber : http://www.sinyalbisnis.com/

Note : pada saat install wordpress yang baru pastikan name table prefix harus sama dengan nam table prefix yang lama (misal yang lama wp90_, berarti pas install yg baru juga sama wp90_), jika sudah terlanjur install serta mengganti wp-content dan database yang lama, maka sobat masuk ke wp-config.php ganti/sesuaikan name table prefixnya.

Cara pindah hosting , semoga bermanfaat dan jang lupa untuk berbagi dengan yang lainnya karena shodaqoh itu tidak hanya berupa harta.



Baca juga :

Cara Mendapatkan Backlink dari Wikipedia

0 Response to "Cara Pindah Hosting"