Wajib Tahu Pertolongan Pertama pada Luka Bakar untuk Selamatkan Nyawa

Wajib Tahu Pertolongan Pertama pada Luka Bakar untuk Selamatkan Nyawa | Luka yang disebabkan oleh luka bakar dapat terjadi di mana saja, di rumah sekalipun. Jika Anda tidak berpengalaman, mungkin bahwa Anda adalah orang yang paling dekat untuk membantu para korban. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana memberikan pertolongan pertama untuk luka bakar.


Agar mampu memberikan pertolongan pertama untuk luka bakar, kenali dulu jenis-jenis luka bakar. Selain itu, untuk menyesuaikan pengobatan dengan tingkat baik yang.Wajib Tahu Pertolongan Pertama pada Luka Bakar untuk Selamatkan Nyawa


Umumnya membakar orang pengalaman dapat dikategorikan berdasarkan tingkat keparahan, termasuk




  • luka bakar tingkat pertama atau selimut kecil hanya kulit luar dan tidak dianggap serius. Nyeri, pembengkakan dan kemerahan adalah gejala yang mungkin terjadi. Contoh luka bakar tingkat pertama adalah luka bakar dari matahari langsung.

  • luka bakar derajat kedua adalah gejala yang lebih serius seperti nyeri, bengkak, terik, dan ada bercak putih atau merah pada kulit.

  • Luka bakar tingkat tiga yang cedera paling serius oleh kerusakan seluruh lapisan kulit dan lemak, bahkan otot-otot dan tulang. Pasien dengan luka bakar jenis ini bisa dialami keracunan karbon monoksida, dan bahan opsional lainnya, sesak napas, dan kulit hangus.


Perlakukan kecil di Burns


luka bakar tingkat pertama, juga dikenal sebagai luka bakar ringan, secara umum, dapat diobati di rumah. Tapi ini harus dilakukan dengan perawatan yang tepat, agar tidak memperburuk kondisinya. Oleh karena itu terlihat pertolongan pertama pada luka bakar ringan ini.




  • Luka bakar harus didinginkan untuk mengurangi rasa sakit. Aliri terbakar dengan air dingin selama 10-15 menit atau menempatkan handuk yang sudah direndam air dingin pada luka.

  • Untuk mencegah pembengkakan, segera menghapus semua perhiasan, gelang, atau benda lain di sekitar daerah itu menderita luka bakar.

  • Hindari memecahkan luka melepuh menyebabkan karena risiko infeksi. Cuci dengan sabun dan air sebagai blister rusak dengan sendirinya. Kemudian salep antibiotik dan dana tutup dengan perban kasa dan plester.

  • Ketika rasa sakit tak tertahankan, pasien mungkin obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen atau ibuprofen.

  • Jika dianggap perlu, dokter dapat memberikan suntikan tetanus.


Konsultasikan dengan dokter jika blister agak besar, jika luka bakar meliputi sebagian besar kulit, atau jika ada infeksi dalam bentuk bengkak, merah dan nyeri yang semakin parah.


Perlakukan Mayor di Burns


Sebagai bentuk pertolongan pertama untuk luka bakar utama korban baut ke ruang gawat darurat atau hubungi ambulans ke rumah sakit terdekat. Sambil menunggu, Anda dapat melakukan sesuatu untuk membantu para korban. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:




  • Jika Anda melihat pakaian untuk mencegah korban pada suksesi api dan tertanam di kulit yang melepaskannya. pakaian longgar, di mana pakaian dapat dengan mudah dihilangkan.

  • pernapasan buatan jika diperlukan. Tapi pastikan bahwa korban masih bisa bernapas dengan lancar.

  • Untuk mencegah pembengkakan, menghilangkan perhiasan, ikat pinggang, atau aksesori yang digulung di sekitar area yang terbakar.

  • Untuk mencegah hipotermia, tidak ada luka bakar pada mencelupkan permukaan kulit dengan air dingin. Hal ini juga dapat menyebabkan tekanan darah dan aliran darah secara drastis.

  • Jika memungkinkan, meningkatkan ekstremitas luka bakar yang terkena dampak pada posisi lebih tinggi dari jantung korban.

  • Tutup luka dengan kain bersih atau perban dingin dan lembut.

  • Hindari menggunakan obat atau salep untuk area yang terbakar.

  • Puting es krim atau mentega benar-benar dapat membahayakan jaringan yang meradang. Hindari hal-hal semacam ini.

  • Bila memungkinkan, tempatkan pasien dengan kaki ditinggikan setidaknya 40 cm.

  • Pada pasien dengan selimut atau jaket selimuy.


Jika Anda masih harus menentukan apakah luka itu tergolong besar atau kecil kabur, perhatikan gambar berikut. Salah satunya adalah kemungkinan untuk menuntut bahwa Anda segera memanggil ambulans atau korban ke ruang gawat darurat, yaitu, ketika korban adalah anak-anak dan orang tua, membakar semua lapisan kulit terjadi blister lebih dari 5 cm, atau cedera menyebabkan infeksi, seperti pembengkakan, nanah, dan kemerahan. Juga perhatikan jika wajah, kaki, tangan dan alat kelamin dibakar korban.


Wajib Tahu Pertolongan Pertama pada Luka Bakar untuk Selamatkan Nyawa | Sebagai tindakan pencegahan, tetap membantu Anda pemadam kebakaran rumah. Jika Anda berbagi apartemen dan pastikan bangunan dilengkapi dengan alarm yang berbunyi jika terjadi kebakaran. Menjauhkan anak-anak dari panas dan air panas tanpa pengawasan.


Baca Juga :


Pelembab Wajah Alami untuk Kulit Kering ada di Sini


Suplemen Herbal Untuk Mata

0 Response to "Wajib Tahu Pertolongan Pertama pada Luka Bakar untuk Selamatkan Nyawa"