Yang Dialami Ketika Menjalani Operasi Katarak

Yang Dialami Ketika Menjalani Operasi Katarak


Selamat datang disitus yang selalu memberikan informasi tentang masalah kesehatan mata, Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas artikel tentang "Yang Dialami Ketika Menjalani Operasi Katarak" bagi anda yang sekarang menderita penyakit mata katarak silahkan untuk menyimak artikel dibawah ini :

Yang Dialami Ketika Menjalani Operasi Katarak

Katarak adalah suatu kondisi yang sering terjadi dengan penuaan. operasi katarak diperlukan jika kondisi terlihat katarak sangat signifikan dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Bagaimana prosedur operasi katarak?


Katarak adalah opacity terjadi pada lensa mata. Biasanya, lensa mata dalam bentuk struktur yang jelas dan transparan. Pada pasien dengan katarak, lensa akan menghasilkan mengaburkan kondisi lensa kristal sebagai berikut.

  • penglihatan kabur atau berkabut.

  • Sensitif terhadap cahaya. Kadang-kadang ketika ia melihat lampu ketika halogen (halo).

  • Bila dilihat dengan mata untuk melihat benda-benda dua kali lipat.

  • Setelah melihat warna sebuah objek sebagai kekuningan atau kecoklatan. Akhirnya penderita katarak akan membuat sulit untuk membedakan antara biru dan ungu.

  • gangguan penglihatan secara bertahap dapat memburuk, sehingga mungkin sering berubah kacamata.


Hal ini belum diketahui mengapa katarak dapat dibentuk. Penuaan merupakan faktor risiko. Katarak akibat penuaan disebut katarak senilis.

Tidak hanya terjadi pada orang tua, meskipun jarang, katarak juga dapat terjadi pada anak-anak atau bayi baru lahir. Penyebab termasuk infeksi bawaan, genetik enzim cacat atau kelainan genetik lainnya. Selain itu, katarak dapat disebabkan oleh trauma pada mata, paparan sinar matahari untuk waktu yang lama, merokok, diabetes, atau penggunaan obat tertentu.

kekeruhan pada dasarnya katarak kecil atau sedikit di lensa dari proses penuaan. Kondisi ini mungkin tidak memerlukan perawatan medis seperti pembedahan. Namun, operasi diperlukan bila kekeruhan lensa parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti membaca atau mengemudi, dan ketika visi tidak dapat membantu dengan kacamata.

Prosedur operasi


Sebelum dokter memutuskan untuk melakukan operasi katarak dengan teknik atau tumbuh apa jenis lensa, dokter mungkin meresepkan tes yang membuat gelombang ultrasonik atau tes USG menyakitkan digunakan untuk melakukan. Anda juga akan didorong untuk menggunakan obat tetes mata seperti yang ditentukan selama 1-2 hari sebelum operasi. Anda tidak harus menggunakan obat-obatan, dan tidak makan atau minum selama 12 jam sebelum operasi.

Secara umum, ditujukan untuk menggantikan katarak lensa operasi mata kekeruhan pengalaman penanaman lensa plastik yang disebut lensa intraokuler atau implan intraokular. Ada beberapa metode operasi, yaitu:

  • Fakoemulsifikasi, yang menggunakan sayatan kecil di kornea. Kemudian menempatkan alat kecil dengan getaran ultrasonik, lensa keruh hancur. Lensa hancur kemudian disedot dengan alat yang sama. Teknik ini biasanya dilakukan.

  • operasi katarak dengan sayatan minimal (Microincision Operasi Katarak) adalah teknik untuk operasi katarak kurang dari 1,8 m.

  • operasi katarak Ekstrakapsuler, operasi dengan sayatan di mata yang cukup luas sehingga dapat mengambil utuh lensa berawan. Teknik ini bagi mereka yang sudah menutupi sebagian besar lensa katarak. Setelah operasi akan menyuntikkan staf medis dari obat di sekitar mata.

  • operasi katarak Intrakapsuler adalah teknik yang jarang dilakukan. Teknik ini ditujukan untuk orang yang mengalami trauma besar. Dibutuhkan sayatan yang lebih besar daripada di dua teknik sebelumnya karena kebutuhan untuk menaikkan pada saat yang sama, kapsul yang mengelilingi lensa pada saat yang sama.


Setelah lensa keruh dihapus, dokter akan menggantinya dengan lensa intraokular buatan. Ada berbagai jenis lensa intraokular sebagai berikut.

  • lensa torik berguna untuk memperbaiki rabun jauh dan astigmatisme atau silinder.

  • lensa Monofokal hanya bisa pergi jarak, mata rabun jauh.

  • Sebuah lensa multifokal dapat fokus pada jarak yang berbeda mulai dari jarak dekat, menengah dan jauh.


Pasca operasi


Beberapa jam setelah operasi, Anda bisa pulang. Hal ini karena operasi dengan menggunakan anestesi lokal. Selain operasi berlangsung dalam waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar setengah jam untuk 50 menit. Namun, Anda disarankan untuk menggunakan bantuan orang lain untuk pulang karena Anda tidak akan dapat melihat yang sempurna. Mata mungkin sensitif terhadap cahaya, penglihatan kabur dan gatal selama beberapa hari setelah operasi.

Langkah-langkah berikut dapat membantu memulihkan mata pascaoperasi.

  • Hindari menyentuh mata.

  • Gunakan tetes mata seperti yang direkomendasikan oleh dokter untuk meredakan rasa tidak nyaman pasca-operasi.

  • Jangan memasukkan benda ke mata, seperti sabun atau air.

  • Biasanya setelah operasi katarak, Anda perlu kacamata miopia atau hyperopia, atau bahkan kombinasi keduanya untuk memakai. Hal ini karena implan lensa tidak bisa fokus pada jarak tertentu.


Setelah operasi, mata dapat sepenuhnya pulih dalam waktu sekitar dua bulan. Kebanyakan orang akan mengalami daya penglihatan membaik setelah operasi. Anda akan dapat melihat cahaya, tidak silau, dapat membedakan warna, karena terlihat lebih terang dan bisa melihat objek dengan fokus.

Risiko Operasi Katarak


Risiko operasi katarak adalah infeksi, perubahan tekanan di mata, pendarahan dan komplikasi lainnya. Komplikasi yang paling umum adalah kapsul posterior opacity (posterior kapsul / PCO). PCO menyebabkan penglihatan kabur kembali.

Segera hubungi dokter jika keadaan pasca operasi akan mengalami kemerahan, nyeri bertahan meskipun obat penghilang rasa sakit, mual dan muntah atau batuk terus-menerus, dan kehilangan penglihatan.

Baca Disini : Obat Mata Katarak Yang Alami

Mungkin itulah artikel tentang "Yang Dialami Ketika Menjalani Operasi Katarak" yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, Semoga apa dengan penjelasan kami diatas bisa membantu anda dalam mengatasi masalah matarak dengan aman dan terbaik.

Terimakasi banyak telah menyempatkan waktunya untuk membaca penjelasan diatas, Salam sehat dari kami TOKO ZAHRA HERBAL.



Baca Juga :

4 Gangguan yang Terjadi Akibat Sering Mengucek Mata

Mata Sering Kedutan, Apa Artinya dari Sisi Medis?

Tips Mencegah Mata Dari Kebutaan

Posted by : Abdul Syukur - Kesehatan Mata, Rabu 29 Maret 2017 10:49:45

0 Response to "Yang Dialami Ketika Menjalani Operasi Katarak"